Pakailah Sabun Bayi Tidak Mengandung Zat Antibakterial Ini


Image

Anda sebagai orangtua harus mengetahui berbagai macam bahan anti bakterial yang sudah dilarang oleh FDA dan tidak boleh digunakan di produk sabun bayi yang aman lagi. FDA sebagai badan organisasi pemerintah Amerika Serikat mengumumkan adanya kandungan bahan anti bakterial yang berbahaya bagi manusia saat digunakan secara terus-menerus.

Beberapa Bahan Anti-Bakterial yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali komposisi anti-bakterial yang sudah dianggap berbahaya oleh FDA. Beberapa senyawa tersebut adalah Cloflucarban, fluorosalan, hexachlorophene, dan iodine complex. Bagi Anda yang memiliki sabun bayi aman anti bakteri, maka Anda perlu menghindari kandungan antibacterial yang sudah disebutkan.

  1. Clofucarban

Anda akan banyak menemukan Clofucarbon pada berbagai macam produk pembersih. Senyawa ini juga banyak dikenal dengan istilah halocarbon. FDA ini melarang penggunaan senyawa ini pada berbagai macam produk kebersihan yang berkontak dengan tubuh. Anda harus memastikan senyawa ini tidak ada di komposisi produk sabun bayi Anda.

  1. Fluorosalan

Fluorosalan adalah senyawa kimia yang bersifat antibakteri dan banyak sekali digunakan di industri sabun. Senyawa ini memiliki berat molekul sebesar 439.026 g/ mol. Namun, FDA sudah melarang untuk penggunaan senyawa ini dalam sabun yang berkontak langsung dengan tubuh, karena dianggap berbahaya.

  1. Hexachlorophene

Hexachlorophene juga dikenal sebagai senyawa yang banyak digunakan pada disinfektan. Pada suhu udara dalam kondisi kadar kemurnian tinggi senyawa ini berbentuk padat. Senyawa ini juga tidak larut dalam air dan larut pada beberapa senyawa acetone, etanol, dan kloroform.

Pada dunia medis, hexachlorophene banyak digunakan sebagai senyawa yang bersifat anti infeksi dan anti bakteri. Anda akan banyak mendapati senyawa ini ada dalam berbagai macam produk sabun dan pasta gigi. Namun, penggunaannya sudah dilarang di Amerika Serikat untuk berbagai macam produk sabun dan juga pasta gigi, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

  1. Iodine Complex

Iodine sebagai hal yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit. Penggunaan sebagai salah satu komponen anti-bakterial memerlukan jumlah yang banyak. Dalam kadar tersebut, iodine akan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Alhasil penggunaan di Amerika Serikat sudah dibatasi.